1. Räucherfisch
Source: Naturheilkunde und Naturheilverfahren Fachporta

Räucherfisch atau ikan asap, baunya seperti asap dan rasanya seperti asap. Tidak heran karena ikan ini tidak direbus dan tidak digoreng. Ikan disiapkan dengan diasapi. Terkadang ikan diasapi dengan panas sekitar 70-75 derajat celcius dan terkadang dingin sekitar 45 derajat celcius. Untuk kelezatannya lebih lezat yang mana? Tentu saja kamu harus mencobanya terlebih dahulu!

2. Himmel und Erde

Source: Pinterest

“Himmel und Erde” adalah makanan tradisional Jerman dan Belanda yang paling populer di wilayah Rhineland, Westphalia, Niedersachsen, dan Gelderland. Makanan ini sudah dikenal sejak abad ke-18. Makanannya terdiri dari puding hitam, bawang goreng, dan kentang tumbuk dengan saus apel. Menarik untuk dicoba bukan?

3. Halver Hahn

Source: ellis.koeln

Makanan ini berasal dari K´öln. Mirip seperti sandwich namun ini roti keju! Lebih tepatnya, roti gandum hitam dengan mentega, keju Gouda, mustard, bawang bombay, dan acar. Di K´öln, kamu bisa memesan makanan ini di banyak pub dan restoran.

4. Frankfurter Grüne Soße

Source: t-online.de

Lebih dikenal dengan saus hijau. Makanan ini pada tahun 2016 telah menjadi produk khusus dengan indikasi geografis yang dilindungi (PGI) dengan nama “Frankfurter Grüne Soße” atau “Frankfurter Grie Soß”, sedangkan pembuatan sausnya sebenarnya bervariasi. Makanan ini merupakan salah satu hidangan khas di Frankfurt am Main dan daerah sekitarnya sejak abad ke-19.

5. Leipziger Allerlei

Source: emergenciamadeira.blogspot.com

Leipziger Allerlei adalah hidangan sayuran regional Jerman yang dapat disajikan sebagai hidangan utama atau sampingan. Terdiri dari campuran berbagai sayuran seperti kacang polong muda, wortel, kacang hijau, kepala asparagus, morels, dan seledri. Terkadang ditambahkan juga Kkembang kol dan kohlrabi. Terdapat banyak variasi pada resep dasarnya. Leipziger Allerlei klasik juga termasuk saus yang terbuat dari mentega udang karang, ekor udang karang, dan pangsit semolina. Sangat menarik untuk dicoba ya?

6. Kartoffelpuffer

Source: The Spruce Eats

Pancake tradisional asal Jerman ini memiliki banyak nama Riefkoche di Köln, Reibekuchen di Münster, Reiberdatschi di München, Erdäpfelpuffer di Wien. Resep dasarnya sebetulnya sama saja, yaitu kentang, telur dan tepung. Hidangan ini dapat dimakan dengan menggunakan berbagai jenis saus, seperti saus apel, krim asam, dan krim keju. Namun dapat juga disajikan polos.

7. Berliner Pfannkuchen

Source: fuersie.de

Berliner Pfannkuchen adalah makanan panggang yang terbuat dari adonan ragi manis dengan isian selai. Selama persiapan, bola adonan digoreng dengan lemak dan kemudian biasanya ditaburi dengan gula halus atau ditutup dengan glasir. Khususnya di negara-negara berbahasa Jerman, Berliner Pfannkuchen ditawarkan sebagai makanan khas yang populer pada hari libur umum dan acara-acara perayaan.

8. Thüringer Rostbratwurst

Source: meatsandsausage

Thüringer Rostbratwurst adalah produk dengan tradisi berabad-abad. Resep tertua yang diketahui, disimpan di Arsip Negara Bagian Weimar, berasal dari tahun 1613. anya daging babi, sapi, atau terkadang daging sapi muda yang dicincang halus yang digunakan untuk membuat sosis ini, dan campuran bumbu yang ditambahkan bervariasi tergantung resep dan karakteristik daerahnya. Sosis ini mudah dibedakan dari sosis Jerman lainnya dengan kandungan lemaknya yang rendah dan kombinasi bumbu dan bumbu yang khas – garam, merica, jintan, marjoram, dan bawang putih. Karena rasanya yang unik dan lezat, Thüringer Rostbratwurst masih sangat populer di Jerman dan sekitarnya, dan dapat ditemukan di sebagian besar kios sosis di Thuringia.