Anis Yahya- Sabtu, 11 Februari 2023 | 00:13 WIB

Kepala Disnakerin dan SMK Mutu Kota Tegal dalam acara sosialisasi program Ausbildung di Bandung, Jumat, 10 Februari 2023 (Anis Yahya)

Kabar Pesisir – Kepala Disnakerin Kota Tegal R. Heru Setyawan bersama Kepala SMK Muhammadiyah 1 Tegal ( SMK Mutu ) Riswanto, menghadiri Sosialisasi Program Ausbildung oleh Bright Education, Bandung, Jumat, 10 Februari 2023 sore.

Menurut Presiden Direktur & CEO PT Cahaya Pendidikan Internasional (Bright Education) Astria Dewi, Ausbildung merupakan sebuah sistem belajar lanjutan di Jerman yang terdiri dari dua bagian, yaitu bagian teori dan praktek.

Peserta Ausbildung atau Azubi (Auszubildende) dalam satu pekan akan belajar teori selama 2 hari di Berufschule, dan selanjutnya bekerja selama 3 hari di Perusahaan.

Kepala Disnakerin Kota Tegal R Heru Setyawan dan Astria Dewi, CEO Bright Education

“Ada satu syarat penting yang harus dicapai oleh seluruh peserta Ausbildung yaitu menguasai Bahasa Jerman minimal Level B1 dan Bright Education akan membantu peserta belajar bahasa Jerman sampai terbang untuk sekolah dan bekerja disana”, papar Astria.

Kepala Disnakerin Kota Tegal menyampaikan apresiasi atas undangan dan Sosialisasi Program Ausbildung serta menekankan perlunya opsi-opsi yang dapat diberikan kepada pencari kerja terutama lulusan SMA/SMK untuk menjajaki peluang kuliah sambil kerja di Jerman.

Ausbildung¬†menjadi salah satu opsi bagi pencari kerja untuk dapat kuliah sambil kerja di Jerman” ungkap Heru.

Kepala SMK MUTU Kota Tegal, Riswanto

Sementara Kepala SMK Muhammadiyah 1 ( SMK Mutu ) Kota Tegal turut menyampaikan harapan agar siswa-siswanya setelah lulus, dapat mengikuti Program Ausbildung.

“Kami ingin melihat alumni SMK Mutu dapat sukses dengan melanjutkan sekolah sambil bekerja di Jerman,” ujar Riswanto.

Dalam kesempatan ini Disnakerin dan SMK Mutu melihat langsung proses pembelajaran bahasa Jerman sekaligus mengadakan MoU dengan Bright Education.

Diharapkan dengan adanya nota kesepahaman ini, dapat saling bersinergi mengupayakan peluang bagi warga Kota Tegal dan sekitarnya agar dapat dibimbing mengikuti Program Ausbildung, kuliah sambil bekerja di Jerman. (Anis Yahya)

Dikutip dari: Disnakerin dan SMK MUTU Kota Tegal Jajaki Program Kuliah Sambil Bekerja di Jerman – Kabar Pesisir